INFOKITO.ID,MUARA ENIM— Bukit Asam melalui Rumah BUMN terus menggelar kegiatan untuk membantu UMK bisa naik kelas. Salah satunya membangun kemitraan bersama UMK dengan mengadakan Pelatihan Manajemen Pemasaran. Kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerjasama GenZ Preneurs Community.
Rabu (25/4/).
Koordinator Rumah BUMN PTBA, Erizaldi mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 25 UMKM dari berbagai bidang seperti perdagangan, jasa dan Perindustrian. Peserta pelatihan ini berasal dari wilayah Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Muara Enim.
“Pelaksanaan kegiatan ini bertema pelatihan analisis pasar untuk mendongkrak hasil penjualan dilaksanakan di dua tempat Rumah BUMN tanjung Enim dan Rumah BUMN, Bandar Jaya, Lampung,”jelas Erizaldi.
Selain itu kata Erizaldi pihaknya juga menyalurkan dana untuk UMKM sebesar Rp295 juta. “Insya Allah Bulan depan akan menyalurkan dana kembali. Sehingga tidak ada status macet, kaeena
dana ini adalah dana bergulir.Maka UMKM bisa merasakan banyak manfaatnya,” imbuh Erizaldi.
sementara itu, Asisten Manager Bina Mitra Junardi menegaskan bahwa kegiatan pelatihan dengan mengacu pada program UMK naik kelas. Bina Mintra menaungi empat rumah BUMN yang berlokasi di Tanjung Enim, Banyuasin, Sawah Lunto,Sumbar dan Bandar Jaya, Lampung.
Begitu juga yang diungkapkan Senior Manager,Hartono melalui Junardi berpesan agar UMKM binaan PTBA sudah harus bisa masuk ke PADI (Pasar Digital ditargetkan Minimal 30 UMKM untuk bulan ini.
Sehingga pasar produk yang dijual bisa lintas daerah, lintas pulau bahkan negara.
Narasumber dalam kegiatan tersebut, Marutha Kristian, yang menyampaikan bahwa tercatat ada 21 juta pelanggan baru di Indonesia yang melakukan migrasi besar besaran ke pasar digital dan 94 persen diantaranya lebih nyaman berbelanja online ketimbang offline. angka ini terus meningkat setiap harinya.
“Perilaku ekonomi masyarakat kita berubah drastis pasca pandemi. Oleh karena itu kita akan membahas How to Sell Anything to Anybody adalah dengan mengenali SWOT produk Anda, Mengenali profil Pembeli dan Kebutuhannya, strategi promo berdasarkan Buyer Persona dan membangun sistem networking,” tambah Marutha.
“Kami sangat berterima kasih kepada PTBA dan GenZ Preneurs Community atas terselenggaranya kegiatan ini.Karena membuka cakrawala wawasan kami soal berbisnis. Usaha kami inj sangat terbantu dengan adanya bantuan permodalan dari PTBA.Harapan kami kegiatan inj bisa kami adakan terus untuk upgrade keilmuan kami” ujar M. Nur selaku owner bisnis Elektronik dan Jasa.(dang)