INFOKITO.ID, TANJUNG ENIM- Rumah BUMN PT Bukit Asam kembali mengadakan pelatihan Manajemen SDM dan Inventory bagi para pelaku Usaha UMKM, yang berada dalam naungan Rumah BUMN di sekitar Muara Enim dan Tanjung Enim
“Kegiatan ini diikuti oleh 25 para UMK Binaan Bukit Asam. Dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Koordinator Rumah BUMN Bukit Asam, Erizaldi Ahmad Saputra SE, Kamis (31/3/2022)
Erizaldi Ahmad Saputra menerangkan bahwa kegiatan pelatihan ini dimaksudkan, agar para UMK binaan bisa secara profesional mengelola karyawannya, sehingga bisnisnya bisa semakin maju. “Pelatihan serupa juga serentak kita diadakan di Kabupaten Banyuasin dan Sawah Lunto (Sumbar),” terangnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut Junardi selaku Asisten Manajer Bina Mitra, Haris Santoso, Mega Aryana, STP, Dea selaku Pengelola Rumah BUMN Bukit Asam Muara Enim, Marutha Kristian SEI CEO GenZ Preneurs dan Khairul Rijal SE MAg MBA selaku Narasumber.
Asisten Manajer Bina Mitra, Junardi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian PTBA untuk mendorong usaha UMKM menjadi tangguh dan profesional. “Perlu diketahui bersama bahwa bapak- ibu semua merupakan mitra binaan yang disalurkan bantuan permodalannya oleh PTBA. Kedepan dana hibah akan disalurkan kembali, hari ini disalurkan di Kabupaten PALI dan Kabupaten Sawah Lunto, Sumbar” jelas Junardi.
Sementara itu sebagai narasumber Khairul Rijal SE MAg MBA mempresentasikan bahwa mengatur manusia adalah pekerjaan yang harus hati-hati dilakukan. Perlu diingat bahwa usaha itu yang dikejar adalah keberkahannya. “Selagi karyawan kita merasa di dzolimi maka keberkahan atas usaha kita akan hilang” terangnya.
Selanjutnya, SEI CEO GenZ Preneurs Marutha Kristian mengenalkan aplikasi template absensi dan gaji karyawan untuk UMKM yang dibuat untuk para pesert. Marutha juga mengenalkan alat proses rekruitmen beliau mengenalkan analisa karakter karyawan dengan DISC. “Agar penempatan karyawan mengandung unsur “The Right Man on The Right Place,” jelas Marutha.
Salah satu peserta, Nasni Balqis pemilik usaha Material, mengucapkan terima kasih kepada PTBA dan Genz Preneurs atas terselenggaranya kegiatan ini. “Karena kami akhirnya paham pentingnya manajemen SDM bagi usaha kami. Apalagi kami diajari tentang aplikasi gaji dan absensi, bahkan mensimulasikan kegunaan DISC kepada kami semua secara gratis kepada kami. Kami sangat berterima kasih karena hal tersebut sangat membantu usaha kami,” ucap Nasni Balqis.
“Kami sangat mengharapkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam bidang pelatihan keahlian lainnya,” tutur Nasni Balqis.(dang)